Sejarah CV. PACIFIC Tasikmalaya

Tahun 1952

Perusahaan Pacific Tasikmalaya berdiri atas kerja keras dan keuletan dari seorang pengusaha yang bernama Bapak Ngiauw Muktar. Kesuksesan beliau diawali dengan membuka sebuah warung kecil di daerah Cieunteung Tasikmalaya yakni berjualan kebutuhan pokok/Sembako. Usaha tersebut beliau tekuni semenjak usia 16 tahun. Kerja keras beliau kemudian berbuah hasil sampai pada akhirnya beliau menjadi pendiri sekaligus pemilik Perusahaan Pacific Tasikmalaya yang cukup besar dengan daerah pemasaran mulai ujung timur Surabaya sampai dengan ujung barat Jakarta, dengan jumlah karyawan lebih dari 350 Orang.

Tahun 1968

Pada tahun 1968 Bapak Ngiauw Muktar mulai merintis Perusahaan Pacific. Beliau mulai dengan memproduksi hanya saos. Semula lokasi pabrik terletak di daerah Cempaka Warna Tasikmalaya dengan luas bangunan 4,5 x 18 M2. Usaha tersebut hanya menggunakan peralatan dan proses produksi yang sederhana serta masih tradisional. Kapasitas produksi awal sebanyak 288 botol/hari atau hanya 12 krat/ hari dan habis terjual dalam kurun waktu 3-4 hari. Sedangkan pemasaran produk masih dilakukan oleh beliau sendiri dengan terjun langsung ke pasar di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya.

Tahun 1971

Dengan naluri bisnis yang cukup tajam serta didukung mental yang kuat, selanjutnya beliau mencoba melakukan diversifikasi produk dengan memproduksi kecap. Kapasitas produksi awal 48 botol/minggu dengan bahan baku utama gula tebu sebanyak 20 kg. Jumlah karyawan pun bertambah sesuai dengan kebutuhan waktu itu menjadi sebanyak 4 orang.

Tahun 1974

Mulai diproduksi kecap kemasan kantong. Produk tersebut langsung diterima oleh konsumen. Pada tahun 1976 kecap tersebut sangat booming sehingga mudah diserap oleh pasar khususnya di daerah Tasikmalaya, Ciamis dan sekitarnya.

Tahun 1977

Proses diversifikasi produk terus dilakukan dengan mencoba memproduksi cabe giling dengan Merk AIDA, dengan kapasitas produksi awal sebanyak 20 kg / minggu.

Tahun 1979

Persiapan pembangunan pabrik yang luas segera dilakukan sebagai konsekuensi dari permintaan barang yang kian banyak. Berkat keuletan dan kegigihan beliau, perusahaan terus mengalami kemajuan yang menggembirakan.

Tahun 1980

Tahun 1980 tepatnya pada tanggal 8 Januari 1980, pembukaan pabrik baru yang lebih besar dan permanen yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 160 Kawalu Tasikmalaya. Pada tanggal inilah dinyatakan sebagai hari lahirnya PERUSAHAAN PACIFIC yang sampai saat ini telah berusia 35 tahun.

Setelah menempati pabrik baru di daerah Kawalu, beliau mulai mengajak sambil mendidik putranya yang bernama Bapak Chien-Chien yang waktu itu masih bersekolah di SMP untuk ikut serta membantu mengelola bisnisnya yang semakin berkembang.

Tahun 1990

Bapak Chien-Chien mulai mengelola sendiri perusahaanya. Setelah dirasa cukup menguasai permasalahan pabrik dan lain sebagainya, maka seiring berjalannya waktu Bapak Ngiauw Muktar mulai mendelegasikan kewenangannya secara penuh kepada putranya. Berkat kepiawaiannya dalam memimpin perusahaan, secara berangsur-angsur usaha ini mulai menunjukkan perkembangan yang semakin baik.

Selama dipimpin Bapak Chien-Chien pembenahan di berbagai bidang serta terobosan-terobosan yang berani terus dilakukan khususnya bidang saluran distribusi barang, perluasan daerah pemasaran dan Product Quality Control.

Tahun 1995

Dimulai produksi saos kemasan kantong dengan mesin packing yang lebih modern dan perkembangannya sangat pesat dan luar biasa, sehingga mulai dipikirkan untuk memperluas daerah pemasaran, yakni meliputi daerah berikut ini : Tahun 2014 Perijinan MD-BPPOM

Pemasaran yang agresif ini tentu perlu ditunjang  oleh kualitas produk dan pelayanannya, dalam bidang kualitas produk yang semula berijin masih P-IRT, sekarang sudah menjadi standar nasional yaitu perijinan MD di BPOM khususnya untuk produk saus sambal bawang, sedangkan untuk produk kecap dan cabe giling masih dalam proses.

Tahun 2015

Rencana Pembangunan Pabrik Baru Cabe Giling Merk AIDA dengan standar ISO 22000

Pesan Sekarang?